1. Langkah pertama kali hidupkan komputer kita sampai muncul pada bagian awal di desktop layar komputer.
2. Langkah kedua kalinya kita harus membuka Microsoft Excel : Klik start --> Pilih All Programs --> Pilih Microsoft Office --> Pilih Microsoft Excel pada layar komputer yang tersedia.
3. Kemudian akan muncul data seperti gambar di bawah ini dalam menggunakan Microsoft Excel.
4. Selanjutnya,
langkah awal dalam Microsoft Exel, yaitu : Kita harus membuat data yang akan kita
gunakan untuk sertifikatnya.
5. Lalu, Buatlah Tabel dengan isi disetaip tabel, yaitu No Sertifikat --> Nama --> Jenis Pelatihan --> Nilai --> Predikat --> Keterangan. Dan buat nilai ketentuan hasil maksimal yang harus dicapai para peserta sebagai syarat untuk menggunakan Rumus (IF).
6. Selanjutnya, Gunakan (rumus IF) untuk mengisi kolom Predikat, dan Keterangan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya seperti berikut :
7. Dan
Tekan ENTER untuk melihat hasil
jawaban yang benar akan keluar dan tarik ke bawah.
8. Seperti sama
halnya dengan kolom Predikat, untuk mengisi kolom Keterangan gunakan rumus (IF ) juga :
9. Sama juga halnya,Tekan ENTER
untuk melihat hasil jawaban yang benar akan keluar.
10. Double klik pada tanda + yang
berada di pojok kanan bawah sel E3 (untuk kolom Predikat), maka secara
otomatis formula dari E3 akan terduplikasi ke sel E3 hingga E25. Lakukan cara
itu juga pada berikutnnya, yaitu kolom Keterangan. Dan beginilah
hasilnya :
11. Setelah selesai kita membuat data
sertifikat kemudian jangan lupa untuk menyimpan atau save dokumen: klik file --> pilih Save As --> Simpan dokumen dan beri nama dokumen sesuai
yang anda inginkan.
12. Setelah
data disimpan atau Save, menandakan data sudah selesai untuk diproses di
Microsoft Excel.
13. Berikutnya buka Microsoft Publisher, Klik Start --> pilih All Programs --> Pilih Microsoft Publisher.
14. Setelah
itu Open Microsoft Publisher dan pilih Template Award Certificates.
16. Ubahlah
warna tema sertifikat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Misalnya seperti
berikut ini :
17. Klik CREATE, untuk memulai pembuatan
sertifikat.
19. Desain sertifikat sesuai dengan kreatifitas Anda.
20. Edit lah text box yang ada pada template sertifikat dan isikan sesuai yang anda inginkan, berikut contohnya :
21. Setelah selesai mendesain. Mulailah melakukan Mail Merge. Pada menu bar --> Microsof Publisher, --> klik Mailings --> dan klik Mail Merge.
22. Berikutnya klik Select Recipients dan pada menu bar Select Recipients pilih Use Existing List.
23. Kemudian muncul dialog menu data dari Microsoft Excel yang telah disimpan seperti gambar berikut ini :
24. Open file Microsoft Excel yang telah kita simpan sebelumnya. Lalu akan muncul dialog Select Table seperti dibawah ini. Pilih Sheet 1 atau sesuai dengan letak Sheet yang kita buat sebelumnya di Microsoft Excel.
25. Kemudian, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Setelah itu delete pada centang atau checklist yang ada pada kolom tersebut. PERHATIAN! Apabila tidak dihapus maka fungsi mail merge tidak akan menampilkan data-data yang ada pada Microsoft Excel. Dan terakhir klik OK.
26. Lanjutkan untuk Tempatkan kursor pada bagian entri atau text box No Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat dan Keterangan. Klik Insert Merge Field. Lalu pilih lah sesuai dengan Field yang kita buat sebelumnya.
27. Kemudian, Field No# Sertifikat akan
dimasukkan dengan format «No# Sertifikat», begitu untuk data selanjutnya.
28. Serta cara
yang kita pakai untuk menampilkan Sertifikat yang digabungkan dengan data dari
Microsoft Excel, klik Preview Result.
29. Lakukan lah
untuk navigasi data dengan mengklik Next Record atau Prev Record pada
group Preview Results.
30. Kemudian, terakhir Apabila kita ingin mencetak atau mengirim sertifikat ini, klik menu Finish & Merge dan pilih Merge to Printer. Selesai....!!!
BERIKUT HASIL SERTIFIKAT , Contohnya :
FINISH..!!! YEYEYEYEYEYE....
THANK YOU GUYSS ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar